loader
Foto

WISUDA TAHAP II POLTEKKES KEMENKES MANADO

Poltekkes Kemenkes Manado cetak 114 wisudawan. Pun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus membutuhkan tenaga kesehatan untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

114 wisudawan resmi diwisuda tahap 2 tahun 2021, digelar secara offline di Kampus A jalan R.W Monginsidi, secara langsung, Kamis, 30 Desember 2021 dengan menggunakan prokes ketat.

Direktur Polkesdo Elisabeth Natalia Barung membuka langsung prosesi sidang senat terbuka.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kabid SDK dan Farmakes John Matali berharap para wisudawan mempunyai semangat tinggi untuk berinovasi.

“Kami juga berharap wisudawan bisa menguasai teknologi sehingga dapat mengantisipasi tantangan di era digital ini,” ujar dia.

Menurut Kabid SDK dan Farmakes John Matali, terkait peluang kerja ke depan dimana tenaga kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara masih sangat dibutuhkan.

“Karena menurut data dengan indikator kelengkapan 9 tenaga kesehatan strategis yang harus ada di puskesmas baru,” kata dia.

Lanjut dia, berkisar 22 persen puskesmas yang memenuhi kriteria, artinya kebutuhan akan tenaga kesehatan masih sangat tinggi.


“Di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sendiri tenaga kesehatan dapat juga diterima lewat tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dengan masa pengabdian sampai 5 tahun,” terang dia.

Dia menjelaskan, selain itu ada program nusantara sehat berbasis tim di daerah DTPK kiranya adik adik wisudawan dapat memanfaatkan semua peluang ini.

“Sudah juga mencanangkan program health tourism dengan pelayanan kesehatan paripurna melalui beberapa fasilitas kesehatan yang sudah sudah siap. Tentunya sangat membutuhkan sdm dari tenaga kesehatan,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kemenkes RI Fatimah Rosyati menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Direktur beserta seluruh civitas akademika Polkesdo yang telah melakukan  tugas dengan baik di dalam mendidik mahasiswa.

“Sehingga menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dalam bidangnya masing- masing dan memberikan apresiasi atas semua prestasi yang dicapai oleh Polkesdo Untuk wisudawan,” kata dia.

Dia menambahkan, kondisi saat ini tentu tidak mudah untuk lulus dikarenakan oleh pandemic.

“Marilah kita gunakan kesempatan ini untuk beradaptasi dan selalu belajar untuk menemukan cara cara yang positif untuk meraih cita-cita,” ucap dia. ***


Berita disalin dari sumber ManadoHits.

Valentino Warouw

foto
Author: red