loader
Foto

ACARA PUNCAK DIES NATALIS POLKESDO KE-21

Poltekkes Kemenkes Manado (Polkesdo) merayakan puncak dies natalis ke-21 melalui sidang senat, Senin, 25 April 2022.


Puncak dies natalis ke-21 Polkesdo dirangkaikan dengan bebacaan pemenang perlombaan, dimana tuan rumah jurusan gizi raih juara umum. Selai itu ada juga launching aplikasi e-Mutu.


Puncak dies natalis ke-21 Polkesdo juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Polkesdo, dosen dan tamu undangan.


Dalam sambutan, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI dokter gigi Arianti Anaya mengatakan, selamat ulang tahun kepada Polkesdo, tentunya pada usia ke-21 Polkesdo sudah banyak berkontribusi dalam pemenuhan tenaga kesehatan.

“Termasuk penyediaan relawan percepatan penanggulangan pandemi covid-19 dan juga menghasilkan begitu banyak lulusan yang saat ini sudah diserap di dunia kerja dan juga prestasi-prestasi lain yang dicapai yang begitu banyak,” ujar dia, yang hadir melalui virtual.


Menurut dia, dengan semangat yang tinggi, momentum dies natalis ke-21 ini menjadi momentum penting seluruh civitas yang ada di Polkesdo lebih bertambah semangat.


“Karena PR bagi tenaga kesehatan begitu banyak, kita masih ada tiga isu besar yaitu terkait jumlah tenaga kesehatan yang belum mencukupi, distribusi yang belum rata, maupun kualitas yang masih belum memenuhi standar,” ucap dia.


Lanjut dia, tentunya di dalam dies natalis ini menjadi momen penting persiapkan diri dengan baik, meluaskan pandangan beradaptasi dengan cepat agar menjadi bagian yang unggul dalam persaingan sejalan dengan cita-cita.

“Harapan dari dies natalis Polkesdo Towards The Best Health Campus For The Better Future bisa terwujud menjadi kampus kesehatan yang terbaik untuk masa depan yang lebih baik,” kata dia.


Direktur Polkesdo Dra. Elisabeth Barung, M.Kes, Apt mengatakan, Polkesdo sebagai perguruan tinggi dibawah Kementerian Kesehatan dan sebagai UPT Direktorat jenderal tenaga Kesehatan.


“Kami tetap bekerja sama dengan Pemerintah daerah (Pemda), Dinas Kesehatan, maupun saat ini dalam masa pandemi dengan tim satgas Provinsi, serta kabupaten, kota, terlebih khusus Kota Manado,” kata dia, saat memberikan sambutan.


Menurut dia, Polkesdo Manado aktif dalam pelaksanaan sentra vaksinasi yang sampai saat ini dilaksanakan setiap hari Jumat dan juga melaksanakan vaksinasi di beberapa daerah kabupaten/kota termasuk tim vaksinasi turun di kelurahan maupun di desa-desa lainnya, termasuk di kampus-kampus perguruan tinggi lainnya.

“Sesuai dengan visi dari Polkesdo yaitu menjadi institusi yang unggul mandiri dan berbudaya, serta mampu bersaing secara global, serta dengan adanya pusat unggulan inovasi dengan tema inovasi bahan lokal berbasis riset dalam implementasi kegawatdaruratan dan bencana atau yang biasa diistilahkan inovasi halogardan,” kata dia.


Lanjut dia, harapannya Polkesdo menjadi pusat rujukan inovasi bahan lokal untuk kegawatdaruratan, bencana dan penanganan masalah kesehatan lainnya.


“Ini adalah data program studi yang ada di Polkesdo ada dua prodi terakreditasi unggul, dua prodi terakreditasi A, tiga prodi terakreditasi baik sekali, dan empat prodi terakreditasi B, serta satu prodi baru promosi kesehatan dalam proses akreditasi menunggu jadwal pelaksanaan assessment,” kata dia, diteruskan dengan membacakan kinerja Polkesdo di tahun 2021.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dokter Steaven Dandel mengatakan, atas nama pemerintah Kota Manado, sekeluarga dan pribadi selamat ulang tahun ke-21, semoga dengan bertambahnya usia Polkesdo dapat semakin memantapkan diri dalam kiprahnya mendidik manusia menjadi tenaga kesehatan yang berpengetahuan dan ber kebijaksanaan di masa depan.

“Ini menjadi momentum yang baik bagi kita untuk berefleksi mengenai hakikat pendidikan bahwa sesungguhnya pendidikan bukan sekedar menghafal dan data dan fakta pengetahuan namun melampaui itu,” kata dia.


Turut hadir, Kepala Badan dan pengembangan daerah Provinsi Sulut dokter Jimmy Lampus mewakili Gubernur Sulut. Juga hadir secara daring dirjen nakes & Seluruh civitas akademika polkesdo dan secara luring anggota senat, perwakilan dosen, pegawai dan mahasiswa. 



Berita disalin dari sumber ManadoHits.com

foto
Author: red